Kamis, 05 Desember 2019

PERATURAN SEPAK TAKRAW






     
1.    LAPANGAN

1.1              Luas lapangan adalah 13.4 m x 6.1 m, bebas dari segala rintangan dengan jarak 8 m tinggi dari permukaan lantai lapangan. Lebar semua garis (line) lapangan tidak melebihi 0.04 m diukur ke dalam dari penjuru ukuran lapangan. 

1.2              Garis Tengah (center line)
Garis tengah selebar 0.02 m membahagi dua lapangan yang sama besar.

1.3              Garisan Lingkaran Tekong
Garis  apit kanan dan apit kiri digaris dari  garis tengah  berukuran  0.9 m.  

1.4              Lingkaran Sepak Mula
Lingkaran Sepak  Mula  berukuran   0.3 m digaris di tengah-tengah kiri dan kanan  lapangan, berukuran 2.45 m dari garis belakang lapangan dan 3.05 m dari garis  pinggir lapangan.  Garis  0.04 m lebar ini diukur  dan  digaris  bagian terluar dan jejarinya 0.3 m.

1.5   Kawasan Bebas
      Lapangan harus bebas dari semua rintangan/halangan sejauh 3.0 m dari tepi garis.  





2.               TIANG NET
______________________________________________________________________________

            1.1              Ketinggian   tiang   ialah   1.55 m   (1.45 m    untuk  wanita)  diukur  dari  permukaan                           lapangan dan ianya hendaklah teguh dan kukuh  untuk regangan   jaring. Jejarinya                               tidak melebihi 0.04 m.

           1.2              Posisi tiang net hendaklah didirikan 0.3 m jaraknya dari garis tepi/pinggir dan selurus                          dengan  garis  tengah lapangan (garis tengah).


3.               NET
______________________________________________________________________________

           2.1              Net  dibuat dari bahan nylon yang halus dan siratnya berukuran diantara 0,06 m                                    hingga 0.80 m.

           2.2            Lebar  net  adalah 0.7 m  dan  panjang net  tidak  kurang dari pada 6.10 m dan selurus                           dengan garis tengah lapangan.

            2.3            Di kedua ujung net  dilekatkan pita 0.05 m sebagai sempadan dari  atas ke bawah dan                          kedudukannya sebaris tegak dengan garis tepi.

            2.4              Di  bagian atas dan bawah net hendaklah dilapis dengan pita 0.05 m  yang  diperkuat                           dengan  benang  atau nylon.

            2.5              Ketinggian  net di bagian  tengah adalah 1.52 m  untuk laki-laki dan  1.42 m untuk                               wanita, dimana di bagian tiang adalah 1.55 m untuk laki-laki dan  1.45 m untuk                                      wanita.  

4.               BOLA TAKRAW
______________________________________________________________________________



4.1       Bola takraw berbentuk bulat dan terbuat dari lapis fiber sintetik.

4.2       Bola takraw mempunyai ciri-ciri seperti berikut:-

            4.2.1  mempunyai 12 lubang.

            4.2.2  mempunyai 20 silang.

4.2.3  ukuran garis lilitnya  diantara 0.41 m hingga  0.43 m untuk   pemain   laki-laki  dan  0.42 m  hingga  0.44 m untuk pemain wanita.

4.2.4  berat  bola  sebelum  dimainkan  di antara 170 g hingga 180 g untuk pemain  laki-laki dan 150 g hingga 160 g untuk pemain wanita.

4.3 Bola takraw  boleh mempunyai satu warna,  berwarna dan  warna  yang terang tetapi tidak mempunyai warna yang boleh mengganggu prestasi pemain.

4.4 Bola takraw juga boleh dibuat dari karet sintetik atau bahan  lembut tahan lama ( durable material ) bagi membalut permukaan bola  dan bola  tidak akan boleh mencederakan pemain. Pengeluaran  bola  takraw ini hendaklah mendapat pengesahan daripada ISTAF sebelum dimainkan  di setaiap  kejuaraan internasional.

4.5 Kejuaraan internasional yang mendapat  restu ISTAF  termasuk  olimpiade, Kejuaraan dunia, commenwel, pesta olahraga Asian Games,  SEA Games hendaklah  menggunakan  bola takraw yang  telah disyahkan/diluluskan oleh pihak ISTAF.


5.               PEMAIN-PEMAIN
___________________________________________________________________________

5.1              Setiap pertandingan  dimainkan oleh 2 regu yang mana  setiap  regu  mempunyai  3  orang pemain.

5.2              Salah  seorang  pemain harus berada di belakang yang  dinamakan
            “Tekong” (server).

5.3              Dua  orang pemain lagi dinamakan ’Apit’. Pemain   di  sebelah   kiri   dinamakan  ’Apit Kiri’ pemain yang berada di sebelah kanan dinamakan ’Apit Kanan’. 

 6.               PERALATAN / PAKAIAN PEMAIN
___________________________________________________________________________

6.1              Semua pakaian pemain  hendaklah sesuai dan mempunyai ciri-ciri kejuaraan. sepaktakraw. Apabila peralatan yang dapat membantu mengencangkan pantulan bola, meninggikan pemain atau mempercepatkan pergerakan pemain dan membahayakan pemain adalah dilarang sama sekali.

6.2             Tim/regu yang bertanding hendaklah memakai warna kostum yang berlainan.

             6.3       Setiap tim/regu hendaklah mempunyai sekurang-kurangnya dua set kostum                              yang berlainan warna. Jika kedua-dua tim/regu yang bertanding memakai                                  warna kostum yang sama,  maka kostum Tim/regu tuan rumah hendaklah                                  diganti. Jika dari tim/regu yang berlainan negara/daerah,  maka harus                                        negara/daerah yang tercantum dahulu dalam jadwal Pertandingan  hendaklah                          menganti kostum. Tuan Rumah= Yang tertulis duluan di jadwal pertandingan

6.4              Pemain hendaklah memakai  kostum, celana pendek,  stoking, dan sepatu olahraga  bertelapak karet dan tidak  bertumit. Pakaian/kostum adalah  merupakan  sebagian  dari pada  anggota  badan.  Pakaian/kostum  hendaklah  dimasukkan  ke dalam celana. 
Catatan:
Kostum/baju pemain hanya dimasukkan pada saat dimulai permainan set pertama, kedua dan seterusnya (tidak perlu pada saat permainan berlangsung)
6.5              Semua pakaian pemain hendaklah bernomor di bagian depan dan belakang.  Setiap  pemain  hendaklah  memakai  nomor  kostum dari 1 hingga 36 yang  sama  untuk  keseluruhan  kejuaraan.  

6.6              Nomor hendaklah berukuran tidak kurang dari 19 cm tinggi di bagian  belakang  dan  berukuran tidak kurang 10 cm di bagian depan di bagian tengah dada.

6.7              Nama pemain atau negara/daerah yang diwakili hendaklah dicetak di belakang bagian atas nomor pakaian dengan jelas.

6.8              Pakaian  pemain boleh mempunyai logo sponsor/Daerah di bagian depan pakaian pemain dan haruslah mengikut peraturan pertandingan.

6.9              Logo atau lambang selain logo pengeluaran pakaian tidak boleh dimasukkan.

6.10              Ketua regu hendaklah memakai  ‘Arm Band/band kapten’ warnanya hendaklah berbeda dengan warna kostum di lengan kiri.

Catatan:
Apabila Kapten Regu diganti, maka band kapten diberikan pada pemain lain (bukan pemain pengganti) 

6.11           Apabila    pakaian    yang    tidak   mempunyai  spesifikasi    yang  dinyatakan   di dalam  Peraturan  Permainan  ini, hendaklah mendapat pengesahan/ dari pada pihak Teknikal ISTAF terlebih dahulu. 


7.               PERGANTIAN PEMAIN
___________________________________________________________________________

                     7.1       Pemain  tidak   dibenarkan   bermain   dalam  regu  yang  lain di dalam acara                            permainan tim.

                    7.2 Pergantian  pemain  boleh  dilakukan   kapan saja  dengan menunjukkan nomor                kostum pemain yang hendak keluar sewaktu  bola  tidak di dalam permainan.  

                    7.3 Setiap Regu dibenarkan melakukan 2 pergantian pemain di setiap set. Pemain                  yang telah keluar dibenarkan masuk kembali atau menggunakan pemain                          cadangan yang lain. Seorang (1) atau dua (2) orang pergantian pemain boleh                   untuk acara Regu atau pun Tim.

                     7.4 Dalam permainan Regu, setiap  regu  boleh  memasukkan  maksimum dua (2) orang                 pemain  cadangan pada setiap pertandingan/permainan di samping 3 pemain (inti)                    yang  ada.  

                     7.5 Dalam  permainan Tim, setiap  tim  boleh  mendaftar maksimum (3) tiga orang                         pemain  simpanan bagi setiap pertandingan. 
7.5.1 Setiap Tim dibenarkan menggunakan dua (2) pemain cadangan dari tiga (3) bagi satu regu.
7.5.2    Pemain cadangan yang telah bermain hanya boleh bermain pada regu tersebut saja.
7.5.3    Pemain cadangan yg belum main, boleh bermain pada regu seterusnya.
7.5.4 Tim tersebut tidak diperbolehkan melakukan pergantian pemain jika ketiga-tiga (3) pemain cadangan telah bermain.
                        7.6 Jika Regu pada permulaan set dengan pemain yang berbeda dari set yang                                  sebelumnya,  maka dianggap pertukaran telah dilakukan  untuk set yang baru.

                        7.7 Setiap regu diperbolehkan membuat pergantian pemain pada saat terjadi                                    kecederaan, sekiranya kedua-dua pergantian pemain belum dilakukan di dalam set                   tersebut. Jika kedua-dua pergantian pemain telah dilakukan, maka pertandingan                       dihentikan dan regu ini dianggap kalah.

                      7.8 Regu yang kurang dari 3 orang pemain tidak dibenarkan meneruskan pertandingan                 dan dianggap kalah. 

                      7.9 Jika pemain diperintah keluar lapangan oleh wasit (karena diberikan kartu merah),                    maka regu tersebut dibenarkan membuat pergantian pemain sekiranya kedua-dua                     pergantian masih belum dilakukan di dalam set tersebut. Jika kedua-dua pergantian                   telah dilakukan dalam set tersebut, maka pertandingan dianggap selesai dan regu                       pemain yang dikenakan kartu merah dianggap kalah.

8.                 UNDIAN DAN WARM-UP
__________________________________________________________________________

8.1              Sebelum permainan dimulai, Wasit akan melakukan undian dengan kehadiran kedua kapten regu. Kepten regu yang menang undian akan  memilih sama ada 
                         
               (i)   Sepak Mula atau
               (ii)  tempat lapangan 
             
Regu yang kalah undian hendaklah mematuhi pilihan Regu yang menang undian.
Kedua-dua Regu hendaklah mematuhi arahan Wasit.  


 9.                 KEDUDUKAN PEMAIN SEMASA SEPAK MULA
___________________________________________________________________________

9.1 Apabila  permainan  akan dimulai,   semua  pemain   harus berada dalam area lapangan masing-masing dalam  keadaan bersedia.

9.2 Sebelah  kaki  Tekong hendaklah berada di dalam lingkaran sepak mula,  wasit jangan menyebut angka. Sebelah lagi  kakinya  mestilah  berada  di luar  bulatan  sepak mula untuk menyepak bola. (peringatan 15 detik)

9.3 Kedua-dua apit bagi regu yang membuat sepak mula  harus  berada di dalam lingkaran masing-masing.

9.4       Pemain  regu lawan bebas berada  di area lapangannya.


10.         PERMULAAN PERMAINAN DAN SEPAK  MULA.
___________________________________________________________________________
             
10.1          Setiap  pertandingan  dikendalikan  oleh  seorang  Wasit I (Referee)  (berada  di salah  satu  ujung net), seorang Wasit II (dua) (berada berhadapan dengan Wasit I), seorang Wasit Lapangan (Court Referee) ( berada di belakang Wasit I),  seorang Wasit Garis (Line Referee) berada di sisi/penjuru belakang  garis lapangan  sebelah kanan Wasit I dan seorang lagi Wasit Garis di sisi/penjuru belakang garis lapangan  sebelah kanan Wasit II (Asisten Referee). 

10.2          Wasit I akan dibantu oleh Wasit Lapnagan (Court Referee) dan atau Ketua Wasit (Official referee)  dan Wasit II.

10.3          Regu melakukan sepak mula ( servis ) akan melakukan tiga (3) kali sepakan berturut-turut dan disambung oleh pihak lawan tiga (3) sepakan berturut-turut.

10.1          Pertukaran sepak bergilir-gilir setelah tiga (3) angka, tanpa menghitung mana pihak yang mendapat angka.

                        10.5 pengenaan Bola dihitung satu (1) sentuhan apabila menyentuh pada bagian                      badan pemain dari bawah leher dan menyentuh/bergulir ke bagian badan                       yang dibenarkan dengan tidak disengajakan. 

                        10.6     Pada angka Juss ( apabila kedua  regu pada mata 20-20 ) servis akan bertukar                           pada setiap angka.

             10.7     Regu yang menerima servis akan melakukan servis pada set selanjutnya.

              10.8     Pertukaran area sebelum dimulai setiap set.
                         

              10.9     Pada set ketiga, tukar area lapangan apabila salah satu regu mencapai                                angka 11.

                          10.10 Apabila   Wasit  mengumumkan ’ANGKA, ( Nama Regu atau Negara )’                           regu tersebut mempunyai 15 DETIK untuk bersedia bagi melakukan                                 sepak mula seterusnya dengan sebelah kaki tekong berada di dalam                                   lingkaran sepak mula.  Sekiranya  salah satu regu  tidak mengindahkan                             peringatan wasit, maka  akan  diberikan peringatan/teguran.

                          10.11 Mengelap keringat, mengelap lapangan, membentulakn tali sepatu,                                    membetulkan pakaian dan lain-lain tindakan hendaklah dilakukan                                   dalam waktu 15 detik saja.

                       10.12  Lontaran bola  hendaklah  dilakukan  oleh  apit  setelah   Wasit  menyebutkanan                       angka. Sekiranya  apit  membuat  lontaran bola sebelum  Wasit menyebutkan                            angka, maka lontaran semula  hendaklah  dilakukan  oleh apit  dan peringatan                          lisan akan  diberi oleh Wasit kepada pemain tersebut. Jika pemain masih                                    melakukan kesalahan yang sama maka lontaran itu dianggap batal.

                       10.13 Setelah tekong  melakukan sepak  mula,  semua  pemain   bebas bergerak  di                             dalam area pemain masing-masing.

                       10.14 Sepak mula diakui sah jika bola melepasi atas net/jaring sama ada  menyentuh                         net/jaring  atau  pun tidak,  melalui  antara dua  pita  pembatas (Route) dan jatuh                      di dalam gelanggang pasukan lawan.

                      10.15 Dalam pertandingan sistem kalah singkir, regu ketiga tidak perlu bermain jika                          keputusan telah diperolehi.

           10.16 Dalam pertandingan sistem liga, ketiga - tiga  regu dalam pasukan hendaklah                             bermain. 


11.         HAL-HAL YANG MEMBATALKAN
___________________________________________________________________________
                
Perkara batal dilakukan apabila:-
             
11.1          Pihak Sepak Mula
11.1.1                            Apit yang membuat campakan,  memain  -  mainkan   bola ( menghempas, mencampak, memberi bola kepada pemain lain dan lain - lain  cara ) selepas pengadil mengumumkan mata. 
11.1.2                            Apabila  Apit mengangkat  kaki atau memijak garisan tengah atau melintasi atau menyentuh jaring  semasa  membuat campakan untuk sepak mula.
11.1.3  Tekong mengangkat  kaki ( kaki yang tidak menyepak berada dalam lingkaran sepak mula ) sewaktu  melakukan  sepak  mula  atau  kaki keluar  garisan  lingkaran/bulatan  sepak  mula sewaktu melakukan sepak mula. 
11.1.4              Tekong   (server)  tidak   menyepak  bola  yang dilontarkan kepadanya.

11.1.5              Bola menyentuh pemain regunya terlebih dahulu sebelum jatuh ke area lapangan lawan.

            11.1.6              Bola melintasi jaring net tetapi jatuh di luar lapangan

            11.1.7              Bola tidak jatuh ke area lapangan lawan.

11.1.8               Pemain menggunakan tangan atau  lain - lain bagian  tangan pada saat sepakan walaupun tangan tidak menyentuh bola tetapi menyentuh lain objek bagi membantu melakukannya.

11.1.9               Apit yang  membuat  lontaran, melambungkan bola sebelum Wasit                    menyebutkan angka  buat kali kedua.  

                         
11.2   Pihak Sepak Mula Dan Penerima Sepak Mula.

11.2.1  Melakukan tingkah-laku yang boleh menganggu, membuat kebisingan atau mengangetkan (menyentak) pihak lawan.


11.3   Kedua-dua Pihak Masa Permainan.

11.3.1  Apabila pemain menyentuh bola di area/kawasan pihak lawan.

11.3.2              Apabila bagian  anggota  pemain  memasuki  area/kawasan lapangan  lawan  sama   ada  di atas  atau di bawah jaring net  kecuali  semasa ‘follow – through’. 
           11.3.3                Memainkan bola  melebihi tiga  kali berturutan.

            11.3.4              Bola menyentuh tangan.             

11.3.5              Memberhentikan   atau   mengepit   bola   di bawah  tangan / lengan antara kedua - dua paha / kaki atau badan.

11.3.6              Bagian  anggota atau  peralatan pemain seperti sepatu, kostum, pelilit/pengikat  kepala dan lain-lain  menyentuh  jaring, tiang, kersi wasit atau jatuh ke kawasan lapangan lawan.
             
            11.3.7              Bola  terkena lantai, atap/loteng,  dinding  atau lain-lain benda.

11.3.8              Apabila pemain memegang atau menyentuh objek untuk membantu melakukan sepakan. 

12.         SISTEM PERHITUNGAN ANGKA
___________________________________________________________________________
                     
12.1          Apabila   pengenaan/perkara   batal   dilakukan  oleh  pihak sepak mula  atau  penerima  sepak  mula,   satu angka akan diberi kepada pihak lawan.

12.2          Setiap set dimenangkan oleh regu yang mendapat angka dua puluh satu (21) dengan kelebihan minimum dua (2) angka.

12.3          Kapan regu mencapai angka 20-20, set tersebut dimenangi apabila salah satu regu mendapat kelebihan dua (2) angka atau salah satu regu mencapai angka dua puluh lima (25) (terlebih dahulu). Pada set ini wasit akan mengumumkan ”Lanjutan ke angka 25”

                       12.4 Setiap pertandingan dijalankan dalam 3 set ( best of 3 ) dengan dua menit                         istirahat/rehat. Set akan dikenali dengan set pertama, kedua dan ketiga.                             Regu yang menang 2 set akan dinyakatakan sebagai pemenang. 


13.            ISTIRAHAT (TIME-OUT)
___________________________________________________________________________

13.1          Setiap Regu berhak meminta satu menit istirahat/rehat ( time out ) sekali untuk setiap set.

13.2          Istirahat/rehat boleh diminta oleh Manajer atau Pelatih pada waktu bola tidak berada dalam permainan.

13.3          Hanya dua (2) orang selain pemain yang dibenarkan berada di belakang garis lapangang semasa istirahat/rehat.


14.            PERMAINAN TERKENDALA
___________________________________________________________________________
                     
14.1          Wasit boleh memberhentikan permainan jika terjadi halangan, gangguan atau pemain mengalami cedera dan memerlukan perawatan segera tidak melebihi 5 menit untuk setiap regu.

14.2          Pemain  yang  mengalami cedera  dibenarkan  menggunakan waktu selamat  5  menit untuk waktu kecederaan.  Jika   setelah 5 menit, pemain  tidak   berupaya bermain, maka pergantian  pemain   harus dilakukan. Jika regu ini telah membuat dua kali pergantian  pemain,   maka  regu  lawan akan dinyatakan sebagai pemenang. Waktu kecederaan tidak lebih 5 menit.

14.3          Hanya Wasit lapangan (Court Referee) saja yang boleh memberhentikan pertandingan apabila terjadi gangguan atau halangan dengan kebenaran Official Referee/Chief Referee.

14.4          Pada saat  permainan  diberhentikan,   semua   pemain tidak  dibenarkan keluar  dari lapangan kecuali dengan ijin/kebenaran Court Referee/OR.


14.            TATATERTIB ( DISIPLIN)
___________________________________________________________________________

                                 
15.1          Semua pemain harus mematuhi Peraturan Permainan.

15.2          Hanya  Manajer  saja  dibenarkan   menjumpai  Wasit  jika ada pertanyaan atau  menginginkan  kepastian  mengenai keputusan yang dibuat dan Wasit hendaklah memberi informasi terhadap keputusan yang telah dibuatnya.

15.3          Manjer/pelatih resmi dan Pemain dilarang membantah keputusan Wasit   pada waktu pertandingan  sedang  berjalan. Ini boleh  menjejaskan kelancaran  pertandingan. Tindakan disiplin boleh  diambil terhadap manajer/pelatih/pemain berkenaan hal di atas. 

16.            HUKUMAN
 ___________________________________________________________________________
             Kesalahan dan perbuatan akan dikenakan hukuman seperti berikut:              Hukuman Disiplin - 

16.1     KARTU KUNING

Pemain dikenakan Kartu Kuning apabila melakukan kesalahan berikut:-

16.1.1                            Tidak menunjukkan   semangat  fair play  dan  melakukan
Tindakan  yang bertentangan dengan etika keolahragaan.

16.1.2                            Mengeluarkan kata - kata kasar/kotor atau dengan perbuatan kepada petugas pertandingan.   

16.1.3                            Berulang kali melanggar  Peraturan  Permainan  dan
Peraturan  pertandingan.

16.1.4                            Memperlambat/mengulur waktu permainan.

16.1.5                            Masuk dan keluar  lapangan tanpa  ijin Wasit. 


16.2   KARTU MERAH

Kesalahan-kesalahan   yang  perlu  dihukum, di mana pemain  boleh  diberi ‘kartu merah’ jika  melakukan  kesalahan berikut:-

16.2.1                            Bermain dengan membahayakan.

16.2.2                            Berkelakuan   kasar/ganas  dengan   niat  untuk   mencederai pihak  lawan.

16.2.3                            Meludah kepada pihak lawan, petugas pertandingan atau penonton.

16.2.4                            Memaki dan mengeluarkan kata-kata kesar atau dengan isyarat.

16.2.5                            Menerima Kartu Kuning yang kedua dalam pertandingan yang sama.

16.3  Tindakan disiplin perlu diterima oleh semua pihak bagi siapa saja  pemain yang                         melakukan kesalahan sama ada di dalam atau di luar lapangan terhadap pihak lawan,               pemain, Wasit, Asisten wasit atau sesiapa saja dimana Kartu Kuning telah dikeluarkan             dan hukuman seterusnya akan diambil, 


17.              KELAKUAN BURUK OLEH OFFICIAL TIM
___________________________________________________________________________

17.1          Tindakan  perlu diambil terhadap OfficialTim yang berkelakuan buruk   atau  menimbulkan  kekacauan pada waktu kejuaraan berlangsung  sama  ada  di dalam atau  di luar lapangan.

17.2          Setiap    official    yang   berkelakuan    buruk   dan    menganggu   kelancaran  pertandingan  akan  diusir  keluar  oleh  Wasit/petugas Pertandingan dari lapangan perlawanan. Wasit  akan memberhentikan  pertandingan sampai Petugas/wasit Pertandingan   atau  Lembaga  Disiplin  Persatuan  Sepaktakraw  memberi  isyarat meneruskan pertandingan.

                      17.3 Pegawai Tim melakukan kesalahan disiplin hendaklah dikenakan tindakan                      seperti Peraturan di Poin 16.4.

 

.18.       UMUM
___________________________________________________________________________ 
18.1   Jika berlaku  perselisihan  terhadap  semua perkara yang tidak termasuk di dalam   Peraturan  Permainan  ini,  keputusan  Wasit  adalah mutlak.




 PERATURAN INI TELAH DI SYAHKAN

Peraturan Permainan  ini  telah  disyahkan  pada  Kongres  International Sepaktakraw Federation (ISTAF)  pada  tanggal 20 Oktober 2016 di  Udonthani, Thailand.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar