1.    LAPANGAN 
1.1             
Luas lapangan adalah 13.4 m x 6.1 m, bebas dari
segala rintangan dengan jarak 8 m tinggi dari permukaan lantai lapangan. Lebar semua garis (line)
lapangan tidak melebihi 0.04 m diukur ke dalam dari penjuru ukuran lapangan. 
1.2             
Garis Tengah (center line)
Garis tengah
selebar 0.02 m membahagi dua lapangan yang sama besar. 
1.3             
Garisan Lingkaran Tekong
Garis  apit kanan dan apit kiri digaris dari  garis tengah 
berukuran  0.9 m.  
1.4             
Lingkaran Sepak Mula
Lingkaran Sepak  Mula  berukuran   0.3 m digaris di tengah-tengah kiri dan
kanan  lapangan, berukuran 2.45 m dari
garis belakang lapangan dan 3.05 m dari garis 
pinggir lapangan.  Garis  0.04 m lebar ini diukur  dan  digaris  bagian terluar
dan jejarinya 0.3 m. 
1.5   Kawasan Bebas
      Lapangan harus bebas dari
semua rintangan/halangan sejauh 3.0 m dari tepi garis.  
2.              
TIANG
NET
______________________________________________________________________________
            1.1             
Ketinggian  
tiang   ialah   1.55 m  
(1.45 m    untuk  wanita) 
diukur  dari  permukaan                           lapangan dan ianya hendaklah teguh
dan kukuh  untuk regangan   jaring. Jejarinya                               tidak melebihi 0.04 m.
           1.2             
Posisi tiang net hendaklah didirikan 0.3 m jaraknya
dari garis tepi/pinggir dan selurus                          dengan  garis  tengah lapangan (garis tengah).
3.              
NET
______________________________________________________________________________
           2.1             
Net  dibuat
dari bahan nylon yang halus dan siratnya berukuran diantara 0,06 m                                    hingga 0.80
m.
           2.2           
            2.3            Di kedua ujung net 
dilekatkan pita 0.05 m sebagai sempadan dari  atas ke bawah dan                          kedudukannya sebaris tegak
dengan garis tepi.
            2.4             
Di  bagian
atas dan bawah net hendaklah dilapis dengan pita 0.05 m  yang 
diperkuat                           dengan  benang 
atau nylon.
            2.5             
Ketinggian  net
di bagian  tengah adalah 1.52 m  untuk laki-laki dan  1.42 m untuk                               wanita, dimana di bagian tiang adalah 1.55 m untuk laki-laki dan  1.45 m untuk                                      wanita.  
4.              
BOLA TAKRAW
______________________________________________________________________________
             6.3       Setiap tim/regu hendaklah mempunyai sekurang-kurangnya dua set kostum                              yang berlainan warna. Jika kedua-dua tim/regu yang bertanding memakai                                  warna kostum yang sama,  maka kostum Tim/regu tuan rumah hendaklah                                  diganti.
Jika dari tim/regu yang berlainan negara/daerah,  maka harus                                        negara/daerah yang tercantum dahulu dalam jadwal
Pertandingan  hendaklah                          menganti kostum. Tuan Rumah= Yang
tertulis duluan di jadwal pertandingan
4.1       Bola
takraw berbentuk bulat dan terbuat dari lapis fiber sintetik. 
4.2       Bola
takraw mempunyai ciri-ciri seperti berikut:- 
            4.2.1 
mempunyai 12 lubang. 
            4.2.2 
mempunyai 20 silang. 
4.2.3  ukuran garis lilitnya  diantara 0.41 m hingga  0.43 m untuk  
pemain   laki-laki  dan 
0.42 m  hingga  0.44 m untuk pemain wanita. 
4.2.4  berat  bola 
sebelum  dimainkan  di antara 170 g hingga 180 g untuk
pemain  laki-laki dan 150 g hingga 160 g
untuk pemain wanita. 
4.3 Bola
takraw  boleh mempunyai satu warna,  berwarna dan 
warna  yang terang tetapi tidak
mempunyai warna yang boleh mengganggu prestasi pemain. 
4.4 Bola takraw
juga boleh dibuat dari karet sintetik atau bahan  lembut tahan lama ( durable material ) bagi
membalut permukaan bola  dan bola  tidak akan boleh mencederakan pemain.
Pengeluaran  bola  takraw ini hendaklah mendapat pengesahan
daripada ISTAF sebelum dimainkan  di
setaiap  kejuaraan internasional. 
4.5 Kejuaraan
internasional yang mendapat  restu
ISTAF  termasuk  olimpiade, Kejuaraan dunia, commenwel, pesta
olahraga Asian Games,  SEA Games
hendaklah  menggunakan  bola takraw yang  telah disyahkan/diluluskan oleh pihak ISTAF. 
5.              
PEMAIN-PEMAIN 
___________________________________________________________________________
5.1             
Setiap pertandingan 
dimainkan oleh 2 regu yang mana 
setiap  regu  mempunyai 
3  orang pemain. 
5.2             
Salah 
seorang  pemain harus berada di
belakang yang  dinamakan 
            “Tekong” (server).
5.3             
Dua  orang
pemain lagi dinamakan ’Apit’. Pemain  
di  sebelah   kiri  
dinamakan  ’Apit Kiri’ pemain yang
berada di sebelah kanan dinamakan ’Apit Kanan’. 
 6.              
PERALATAN / PAKAIAN PEMAIN
___________________________________________________________________________
6.1             
Semua pakaian pemain  hendaklah sesuai dan mempunyai ciri-ciri
kejuaraan. sepaktakraw. Apabila peralatan yang dapat membantu mengencangkan
pantulan bola, meninggikan pemain atau mempercepatkan pergerakan pemain dan
membahayakan pemain adalah dilarang sama sekali. 
6.2             Tim/regu yang bertanding hendaklah memakai warna
kostum yang berlainan. 
6.4              Pemain hendaklah memakai  kostum, celana pendek,  stoking, dan sepatu olahraga  bertelapak karet dan tidak  bertumit. Pakaian/kostum adalah  merupakan 
sebagian  dari pada  anggota 
badan.  Pakaian/kostum  hendaklah 
dimasukkan  ke dalam celana. 
Catatan:
Kostum/baju pemain
hanya dimasukkan pada saat dimulai permainan set pertama, kedua dan seterusnya
(tidak perlu pada saat permainan berlangsung)
6.5              Semua pakaian pemain hendaklah bernomor di bagian
depan dan belakang.  Setiap  pemain 
hendaklah  memakai  nomor 
kostum dari 1 hingga 36 yang  sama  untuk 
keseluruhan  kejuaraan.   
6.6              Nomor hendaklah berukuran tidak kurang dari 19 cm
tinggi di bagian  belakang  dan 
berukuran tidak kurang 10 cm di bagian depan di bagian tengah dada. 
6.7              Nama pemain atau negara/daerah yang diwakili hendaklah
dicetak di belakang bagian atas nomor pakaian dengan jelas. 
6.8              Pakaian  pemain
boleh mempunyai logo sponsor/Daerah di bagian depan pakaian pemain dan haruslah
mengikut peraturan pertandingan. 
6.9              Logo atau lambang selain logo pengeluaran pakaian
tidak boleh dimasukkan. 
6.10              Ketua regu hendaklah memakai  ‘Arm Band/band kapten’ warnanya
hendaklah berbeda dengan warna kostum di lengan kiri.
Catatan:
Apabila Kapten Regu
diganti, maka band kapten diberikan pada pemain lain (bukan pemain pengganti)  
6.11           Apabila   
pakaian    yang    tidak  
mempunyai  spesifikasi    yang 
dinyatakan   di dalam  Peraturan 
Permainan  ini, hendaklah mendapat
pengesahan/ dari pada pihak Teknikal ISTAF terlebih dahulu. 
7.              
PERGANTIAN PEMAIN
___________________________________________________________________________
                     7.1       Pemain 
tidak   dibenarkan   bermain  
dalam  regu  yang 
lain di dalam acara                            permainan tim.
7.2 Pergantian pemain boleh dilakukan kapan saja dengan menunjukkan nomor kostum pemain yang hendak keluar sewaktu bola tidak di dalam permainan.
7.3 Setiap Regu dibenarkan melakukan 2 pergantian pemain di setiap set. Pemain yang telah keluar dibenarkan masuk kembali atau menggunakan pemain cadangan yang lain. Seorang (1) atau dua (2) orang pergantian pemain boleh untuk acara Regu atau pun Tim.
                     7.4 Dalam
permainan Regu, setiap  regu  boleh 
memasukkan  maksimum dua (2) orang                 pemain  cadangan pada setiap pertandingan/permainan
di samping 3 pemain (inti)                    yang  ada.  
                     7.5 Dalam  permainan Tim, setiap  tim 
boleh  mendaftar maksimum (3) tiga
orang                         pemain  simpanan bagi setiap
pertandingan. 
7.5.1 Setiap Tim dibenarkan menggunakan dua (2) pemain cadangan dari tiga (3) bagi satu regu.
7.5.2 Pemain cadangan yang telah bermain hanya boleh bermain pada regu tersebut saja.
7.5.3 Pemain cadangan yg belum main, boleh bermain pada regu seterusnya.
7.5.4 Tim tersebut tidak diperbolehkan melakukan pergantian pemain jika ketiga-tiga (3) pemain cadangan telah bermain.
                        7.6 Jika Regu pada
permulaan set dengan pemain yang berbeda dari set yang                                  sebelumnya,  maka dianggap pertukaran telah dilakukan  untuk set yang baru. 
                        7.7 Setiap regu
diperbolehkan membuat pergantian pemain pada saat terjadi                                    kecederaan, sekiranya
kedua-dua pergantian pemain belum dilakukan di dalam set                   tersebut. Jika
kedua-dua pergantian pemain telah dilakukan, maka pertandingan                       dihentikan dan
regu ini dianggap kalah. 
                      7.8 Regu yang
kurang dari 3 orang pemain tidak dibenarkan meneruskan pertandingan                 dan
dianggap kalah.  
                      7.9 Jika pemain
diperintah keluar lapangan oleh wasit (karena diberikan kartu merah),                    maka regu tersebut dibenarkan membuat pergantian
pemain sekiranya kedua-dua                     pergantian masih belum dilakukan di dalam set
tersebut. Jika kedua-dua pergantian                   telah dilakukan dalam set tersebut, maka
pertandingan dianggap selesai dan regu                       pemain yang dikenakan kartu merah
dianggap kalah.
8.                
UNDIAN DAN WARM-UP 
__________________________________________________________________________
8.1             
Sebelum permainan dimulai, Wasit akan melakukan undian
dengan kehadiran kedua kapten regu. Kepten regu yang menang undian akan  memilih sama ada  
               (i) 
 Sepak Mula atau
(ii) tempat lapangan
(ii) tempat lapangan
Regu yang kalah
undian hendaklah mematuhi pilihan Regu yang menang undian. 
Kedua-dua Regu hendaklah
mematuhi arahan Wasit.  
 9.                
KEDUDUKAN PEMAIN SEMASA SEPAK MULA
9.1 Apabila  permainan 
akan dimulai,   semua  pemain  
harus berada dalam area lapangan masing-masing dalam  keadaan bersedia. 
9.2 Sebelah  kaki 
Tekong hendaklah berada di dalam lingkaran sepak mula,  wasit jangan menyebut angka. Sebelah
lagi  kakinya  mestilah 
berada  di luar  bulatan 
sepak mula untuk menyepak bola. (peringatan 15 detik)
9.3 Kedua-dua
apit bagi regu yang membuat sepak mula  harus  berada di dalam lingkaran masing-masing. 
9.4       Pemain 
regu lawan bebas berada  di area
lapangannya. 
10.        
PERMULAAN PERMAINAN DAN SEPAK  MULA. 
___________________________________________________________________________
10.1         
Setiap 
pertandingan  dikendalikan  oleh 
seorang  Wasit I (Referee)  (berada 
di salah  satu  ujung net), seorang Wasit II (dua) (berada
berhadapan dengan Wasit I), seorang Wasit Lapangan (Court Referee) ( berada di
belakang Wasit I),  seorang Wasit Garis
(Line Referee) berada di sisi/penjuru belakang 
garis lapangan  sebelah kanan Wasit
I dan seorang lagi Wasit Garis di sisi/penjuru belakang garis lapangan  sebelah kanan Wasit II (Asisten Referee).  
10.2         
Wasit I akan dibantu oleh Wasit Lapnagan (Court
Referee) dan atau Ketua Wasit (Official referee)  dan Wasit II. 
10.3         
Regu melakukan sepak mula ( servis ) akan melakukan
tiga (3) kali sepakan berturut-turut dan disambung oleh pihak lawan tiga (3)
sepakan berturut-turut.
10.1         
Pertukaran sepak bergilir-gilir setelah tiga (3) angka,
tanpa menghitung mana pihak yang mendapat angka.
10.5 pengenaan Bola dihitung satu (1) sentuhan apabila menyentuh pada bagian badan pemain dari bawah leher dan menyentuh/bergulir ke bagian badan yang dibenarkan dengan tidak disengajakan.
                        10.6     Pada angka Juss ( apabila kedua  regu pada mata 20-20 ) servis akan bertukar                           pada setiap angka. 
             10.7     Regu
yang menerima servis akan melakukan servis pada set selanjutnya. 
              10.8     Pertukaran
area sebelum dimulai setiap set. 
10.9 Pada set ketiga, tukar area lapangan apabila salah satu regu mencapai angka 11.
10.10 Apabila Wasit mengumumkan ’ANGKA, ( Nama Regu atau Negara )’ regu tersebut mempunyai 15 DETIK untuk bersedia bagi melakukan sepak mula seterusnya dengan sebelah kaki tekong berada di dalam lingkaran sepak mula. Sekiranya salah satu regu tidak mengindahkan peringatan wasit, maka akan diberikan peringatan/teguran.
10.11 Mengelap keringat, mengelap lapangan, membentulakn tali sepatu, membetulkan pakaian dan lain-lain tindakan hendaklah dilakukan dalam waktu 15 detik saja.
                       10.12  Lontaran bola 
hendaklah  dilakukan  oleh 
apit  setelah   Wasit 
menyebutkanan                       angka. Sekiranya 
apit  membuat  lontaran bola sebelum  Wasit menyebutkan                            angka, maka lontaran
semula  hendaklah  dilakukan 
oleh apit  dan peringatan                          lisan akan  diberi oleh Wasit kepada
pemain tersebut. Jika pemain masih                                    melakukan kesalahan yang sama maka lontaran
itu dianggap batal. 
                       10.13 Setelah
tekong  melakukan sepak  mula, 
semua  pemain   bebas bergerak  di                             dalam area pemain masing-masing. 
                       10.14 Sepak mula
diakui sah jika bola melepasi atas net/jaring sama ada  menyentuh                         net/jaring  atau  pun tidak, 
melalui  antara dua  pita  pembatas
(Route) dan jatuh                      di dalam gelanggang pasukan lawan. 
                      10.15 Dalam
pertandingan sistem kalah singkir, regu ketiga tidak perlu bermain jika                          keputusan telah diperolehi. 
           10.16 Dalam pertandingan sistem liga,
ketiga - tiga  regu dalam pasukan
hendaklah                             bermain. 
11.        
HAL-HAL YANG MEMBATALKAN 
___________________________________________________________________________
Perkara batal
dilakukan apabila:- 
11.1         
Pihak Sepak Mula 
11.1.1                           
Apit yang membuat campakan,  memain 
-  mainkan   bola ( menghempas, mencampak, memberi bola
kepada pemain lain dan lain - lain  cara
) selepas pengadil mengumumkan mata. 
11.1.2                           
Apabila  Apit
mengangkat  kaki atau memijak garisan
tengah atau melintasi atau menyentuh jaring 
semasa  membuat campakan untuk
sepak mula.
11.1.3 Tekong mengangkat kaki ( kaki yang tidak menyepak berada dalam lingkaran sepak mula ) sewaktu melakukan sepak mula atau kaki keluar garisan lingkaran/bulatan sepak mula sewaktu melakukan sepak mula.
11.1.4  
           Tekong   (server) 
tidak   menyepak  bola 
yang dilontarkan kepadanya. 
11.1.5              Bola menyentuh pemain regunya terlebih
dahulu sebelum jatuh ke area lapangan lawan. 
            11.1.6  
           Bola melintasi jaring
net tetapi jatuh di luar lapangan 
            11.1.7  
           Bola tidak jatuh ke area
lapangan lawan. 
11.1.8               Pemain menggunakan tangan atau 
lain - lain bagian  tangan pada
saat sepakan walaupun tangan tidak menyentuh bola tetapi menyentuh lain objek
bagi membantu melakukannya. 
11.1.9               Apit yang  membuat 
lontaran, melambungkan bola sebelum Wasit                    menyebutkan angka  buat kali kedua.  
11.2   Pihak Sepak
Mula Dan Penerima Sepak Mula. 
11.2.1 
Melakukan tingkah-laku yang boleh menganggu, membuat kebisingan atau mengangetkan
(menyentak) pihak lawan. 
11.3   Kedua-dua
Pihak Masa Permainan. 
11.3.1 
Apabila pemain menyentuh bola di area/kawasan pihak lawan. 
11.3.2              Apabila bagian  anggota  pemain 
memasuki  area/kawasan lapangan  lawan 
sama   ada  di atas 
atau di bawah jaring net 
kecuali  semasa ‘follow – through’. 
           11.3.3                Memainkan bola  melebihi tiga 
kali berturutan. 
            11.3.4  
           Bola menyentuh tangan.             
11.3.5 
            Memberhentikan   atau  
mengepit   bola   di bawah 
tangan / lengan antara kedua - dua paha / kaki atau badan. 
11.3.6              Bagian  anggota atau  peralatan pemain seperti sepatu, kostum,
pelilit/pengikat  kepala dan lain-lain  menyentuh 
jaring, tiang, kersi wasit atau jatuh ke kawasan lapangan lawan. 
            11.3.7 
            Bola  terkena lantai, atap/loteng,  dinding 
atau lain-lain benda. 
11.3.8              Apabila pemain memegang atau menyentuh objek untuk membantu melakukan
sepakan. 
12.        
SISTEM PERHITUNGAN ANGKA 
___________________________________________________________________________
12.1         
Apabila   pengenaan/perkara   batal  
dilakukan  oleh  pihak sepak mula  atau 
penerima  sepak  mula,  
satu angka akan diberi kepada pihak lawan. 
12.2         
Setiap set dimenangkan oleh regu yang mendapat
angka dua puluh satu (21) dengan kelebihan minimum dua (2) angka. 
12.3         
Kapan regu mencapai angka 20-20, set tersebut
dimenangi apabila salah satu regu mendapat kelebihan dua (2) angka atau salah
satu regu mencapai angka dua puluh lima (25) (terlebih dahulu). Pada set ini
wasit akan mengumumkan ”Lanjutan ke angka 25” 
                       12.4 Setiap pertandingan dijalankan dalam 3 set ( best of 3 ) dengan dua menit                         istirahat/rehat. Set akan dikenali dengan set pertama, kedua dan ketiga.                             Regu
yang menang 2 set akan dinyakatakan sebagai pemenang. 
13.           
ISTIRAHAT (TIME-OUT) 
___________________________________________________________________________
13.1         
Setiap Regu berhak meminta satu menit istirahat/rehat
( time out ) sekali untuk setiap set. 
13.2         
Istirahat/rehat boleh diminta oleh Manajer atau Pelatih
pada waktu bola tidak berada dalam permainan. 
13.3         
Hanya dua (2) orang selain pemain yang dibenarkan
berada di belakang garis lapangang semasa istirahat/rehat.
14.           
PERMAINAN TERKENDALA 
___________________________________________________________________________
14.1         
Wasit boleh memberhentikan permainan jika terjadi halangan,
gangguan atau pemain mengalami cedera dan memerlukan perawatan segera tidak
melebihi 5 menit untuk setiap regu. 
14.2         
Pemain 
yang  mengalami cedera  dibenarkan  menggunakan waktu selamat  5  menit
untuk waktu kecederaan.  Jika   setelah 5 menit, pemain  tidak  
berupaya bermain, maka pergantian 
pemain   harus dilakukan. Jika
regu ini telah membuat dua kali pergantian 
pemain,   maka  regu 
lawan akan dinyatakan sebagai pemenang. Waktu kecederaan tidak lebih 5
menit. 
14.3         
Hanya Wasit lapangan (Court Referee) saja yang boleh
memberhentikan pertandingan apabila terjadi gangguan atau halangan dengan
kebenaran Official Referee/Chief Referee. 
14.4         
Pada saat 
permainan  diberhentikan,   semua  
pemain tidak  dibenarkan keluar  dari lapangan kecuali dengan ijin/kebenaran Court
Referee/OR. 
14.           
TATATERTIB ( DISIPLIN) 
___________________________________________________________________________
15.1         
Semua pemain harus mematuhi Peraturan Permainan. 
15.2         
Hanya  Manajer  saja 
dibenarkan   menjumpai  Wasit 
jika ada pertanyaan atau  menginginkan  kepastian 
mengenai keputusan yang dibuat dan Wasit hendaklah memberi informasi
terhadap keputusan yang telah dibuatnya. 
15.3         
Manjer/pelatih resmi dan Pemain dilarang membantah
keputusan Wasit   pada waktu
pertandingan  sedang  berjalan. Ini boleh  menjejaskan kelancaran  pertandingan. Tindakan disiplin boleh  diambil terhadap manajer/pelatih/pemain
berkenaan hal di atas. 
16.           
HUKUMAN
             Kesalahan dan perbuatan akan
dikenakan hukuman seperti berikut:              Hukuman Disiplin - 
16.1     KARTU
KUNING 
Pemain dikenakan
Kartu Kuning apabila melakukan kesalahan berikut:- 
16.1.1                           
Tidak menunjukkan  
semangat  fair play  dan 
melakukan 
Tindakan  yang bertentangan dengan etika keolahragaan. 
16.1.2                           
Mengeluarkan kata - kata kasar/kotor atau dengan
perbuatan kepada petugas pertandingan.   
16.1.3                           
Berulang kali melanggar 
Peraturan  Permainan  dan 
Peraturan  pertandingan. 
16.1.4                           
Memperlambat/mengulur waktu permainan. 
16.1.5                           
Masuk dan keluar 
lapangan tanpa  ijin Wasit.  
16.2   KARTU MERAH
Kesalahan-kesalahan   yang 
perlu  dihukum, di mana
pemain  boleh  diberi ‘kartu
merah’ jika  melakukan  kesalahan berikut:- 
16.2.1                           
Bermain dengan membahayakan. 
16.2.2                           
Berkelakuan  
kasar/ganas  dengan   niat 
untuk   mencederai pihak  lawan. 
16.2.3                           
Meludah kepada pihak lawan, petugas pertandingan
atau penonton. 
16.2.4                           
Memaki dan mengeluarkan kata-kata kesar atau dengan
isyarat. 
16.2.5                           
Menerima Kartu Kuning yang kedua dalam pertandingan
yang sama.
16.3  
17.             
KELAKUAN BURUK OLEH OFFICIAL TIM 
___________________________________________________________________________
17.1         
Tindakan 
perlu diambil terhadap OfficialTim yang berkelakuan buruk   atau 
menimbulkan  kekacauan pada waktu
kejuaraan berlangsung  sama  ada  di
dalam atau  di luar lapangan. 
17.2         
Setiap   
official    yang   berkelakuan    buruk  
dan    menganggu   kelancaran 
pertandingan  akan  diusir 
keluar  oleh  Wasit/petugas Pertandingan dari lapangan
perlawanan. Wasit  akan memberhentikan  pertandingan sampai Petugas/wasit Pertandingan   atau 
Lembaga  Disiplin  Persatuan 
Sepaktakraw  memberi  isyarat meneruskan pertandingan. 
17.3 Pegawai Tim melakukan kesalahan disiplin hendaklah dikenakan tindakan seperti Peraturan di Poin 16.4.
.18.       UMUM
___________________________________________________________________________ 
18.1   Jika berlaku 
perselisihan  terhadap  semua perkara yang tidak termasuk di
dalam   Peraturan  Permainan 
ini,  keputusan  Wasit 
adalah mutlak. 
 PERATURAN INI TELAH DI
SYAHKAN 
Peraturan Permainan  ini 
telah  disyahkan  pada 
Kongres  International Sepaktakraw
Federation (ISTAF)  pada  tanggal 20 Oktober 2016 di  Udonthani, Thailand. 


 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar